Bikin Ngiler ! 5+ Makanan Khas Lampung Paling Enak Yang Wajib Kamu Tau !

Ditulis oleh: -
Makanan Khas Lampung – Hay, selamat pagi, siang, sore, malem :v, Selamat datang kembali di Artikel Meydi, semoga setelah membaca artikel saya bisa menambah wawasan kalian tentang makanan khas Lampung. Lampung memang terkenal sebagai kota yang menghasilkan makanan – makanan khas paling enak. Sebagai Salah satu pusat ekonomi yang paling potensial di pulau Sumatra, ternyata Lampung memiliki berbagai macam industri yang sedang berkembang. Bukan hanya industri dalam skala kecil saja,tetapi beragam industri besar terutamanyan di bidang agrobisnis juga tersedia di daerah Lampung.
Tak heran lagi jika Lampung cukup sering dijadikan para turis menjadikan Lampung sebagai destinasi atau tempat wisata disaat mereka liburan di waktu senggang ataupun liburan. Dikenal dengan wilayahnya yang dekat dengan laut, banyak sekali pilihan kuliner khas Lampung yang menarik patut untuk dicoba disaat berkunjung di Lampung.
Bagi para pembaca yang bermain – main ke daerah Lampung, simak dulu pilihan makanan dan minuman khas Lampung yang dapat dipilih untuk memanjakan perut dan lidah kamu.

1. Ikan Sungai Dengan Sambal Seruit


Seruit merupakan salah satu makanan khas Lampung yang sering dihidangkan saat ada acara keluarga, pernikahan, acara adat serta acara keagamaan. Selain itu, seruit juga sering dijadikan makanan poko yang dikonsumsi sehari – hari oleh masyarakat Pepaduan. Seruit merupakan sebuah makanan yang terbuat dari ikan bakar yang di mix dengan berbagai sambal terasi khas kota Bandar Lampung seperti tempoyak ataupun ada pula yang menambahkan mangga.
Pada dasarnya ikan – ikan yang digunakan untuk membuat seruit cukuplah beragam, namun ikan yang paling sering digunakan ialah ikan yang berasal dari sungai seperti ikan baung, ikan balida, ikan layis dan lainnya. Saat menyantap seruit ini biasanya akan ditambahkan lalapan agar memberikan cita rasa yang lebih lezat dan nikmat.

2. Gulai Taboh

Gulai taboh memang dikenal sebagai makanan khas dari Lampung yang memiliki cita rasa yang sangat unik. Gulai taboh ini biasanya terbuat dari ubi – ubian dan kacang – kacangan. Proses pembuatannya terbilang sedikit mudah yakni dengan mencampurkan santan dengan kacang hijau ataupun kacang lainnya, serta juga bisa mencapurkan rebung dan kentang ke dalam masakan ini.

Jika ingin membuat rasa yang berbeda maka anda bisa menambahkan daun sirih atau terasi ke dalamnya. Dengan adanya perpaduan antara ubi dengan terasi tersebut dapat membuat makanan terasa lebih lezat dilidah.

3. Umbu

Nah, bagi anda pecinta makanan yang memiliki rasa sedikit pahit seperti pare, maka anda patut mencoba makanan khas dari Lampung ini. Umbu merupakan sebuah makanan yang menggunakan bahan baku utamanya rotan yang masih muda. Dalam proses pembuatannya rotan ini akan direbus hingga lunak. Umbu ini sering dijadikan sebagai bahan dasar sayur seperti oseng ataupun juga bisa dihidangkan dalam bentuk makanan lalapan.
Umbu ini juga tidak hanya menggunakan rotan sebagai bahan utamanya, namun anda juga bisa mencampurkan bahan lainnya yang sesuai dengan keinginan anda. Pada dasarnya masyarakat di kota Lampung sudah menjadikan umbu yang terbuat dari rotan ini sebagai makanan untuk dikonsumsi sehari – hari, namun seiring berjalannya waktu membuat umbu pun semakin jarang di temui. Hal inilah yang membuat masyarakat di Lampung hanya membuat umbu pada saat ada acara adat ataupun acara – acara penting lainnya.

4. Sambal Tempoyang
Jika ya, maka Anda harus mencoba makanan khas dari Lampung dalam hal ini.Tempoyang adalah makanan yang menggunakan bahan dasar yang telah difermentasi buah durian.Untuk proses manufaktur itu juga cukup mudah tempoyang yaitu cara untuk membuat daging durian yang tidak mengandung banyak air.Nah , untuk membuat tempoyang lezat harus melihat durian dengan kualitas baik dan diperlengkapi matang.Setelah biji dapat dimakan daging, maka duriannya diberikan garam.Maka Anda dapat menambahkan cabai rawit secukupnya, dapat dilakukan sehingga dapat tersedia di ruang tertutup atau dapat ditemukan juga sesuai dengan.Ketika difermentasi selama 2 sampai 5 hari, dan kemudianb mereka dapat dilanjutkan dengan campuran ikan.Ikan digunakan cukup beragam seperti ikan nila, ikan asin, ikan mas dan lain-lain.Bagi Anda yang ingin membuat saus dan kemudian harus mencampur bawang putih, bawang putih, paprika telah dihancurkan atau dipotong kecil-kecil, kemudian tambahkan sedikit gula.Di sini Anda dapat mengorengnya selama 3 menit, kemudian tempoyak dapat langsung dibuka dan dimakan.

5. Ikan Pindang

Pindang merupakan salah satu pangkalan dari kota Lampung harus berusaha selama kunjungan ke kota yang penuh dengan harapan.Pindang khas Lampung memiliki rasa yang sangat istimewa sebagai tart gurih dengan aroma yang sangat kuat.aroma yang kuat dari basil sosis Duan cocok dalam.

Baca Juga di : https://jualkopikhasmantan.blogspot.com/

0 komentar "Bikin Ngiler ! 5+ Makanan Khas Lampung Paling Enak Yang Wajib Kamu Tau !", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar