Dijamin Bikin Ngiler, 5+ Makanan Ringan Khas Betawi Yang Harus Kamu Coba !

Ditulis oleh: -
Jakarta ialah ibukota negara Indonesia yang menyimpan kekayaan kuliner khas suku Betawi. Untuk orang yang telah lama menginjakkan kakinya di Jakarta, tentu sudah familiar dengan sekian banyak  makanan khas Betawi yang paling beragam, unik, dan tentunya enak. Tapi guna mereka yang belum pernah mencium udara khas ibukota, barangkali akan terkesima mengetahui kenyataan akan keragaman masakan yang dipunyai oleh suku Betawi.

Apabila anda termasuk orang yang belum pernah ke Jakarta atau melulu mengetahui tidak banyak makanan khas Jakarta, bakal mengajak anda untuk mengenal lebih jauh mengenai susunan makanan khas Betawi. Kamu yang sebelumnya melulu tau beberapa, dijamin akan tahu lebih tidak sedikit dan semakin terkagum-kagum dengan negara Indonesia yang menjadi surga kuliner untuk masing-masing manusia. Ada apa saja?

Makanan Ringan Khas Betawi Jakarta yang Terkenal Enak

1. Kerak Telor

Untuk yang kesatu, anda mungkin telah tidak asing dengan makanan ini. Namanya kerak telor. Makanan khas Betawi ini dapat dikatakan sebagai ikon kuliner Jakarta yang dikenal oleh orang-orang dari luar kota Jakarta. Kerak telor sendiri ialah makanan yang diciptakan dari bahan dasar berupa beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi kering, bawang goreng, dan diberi bumbu halus dari gabungan kelapa sangrai, cabe merah, garam, gula, merica, jahe, dan kencur.

Kerak telor dimasak dengan teknik yang unik. Biasanya panganan ini dimasak dalam wajan kecil tanpa memakai minyak. Saat dihanguskan dengan arang, kerak telor yang sudah separuh matang bakal dibalik bareng dengan wajannya. Perihal rasanya, kerak telor akan menyerahkan pengalaman baru untuk lidah kamu. Rasa kerak telor yang gurih dengan tekstur beras ketan yang legit akan menciptakan kamu kerasan berlama-lama guna mengunyahnya.

Di samping kota jakarta yang familiar dengan kerak telor, jajaki apa saja menu makanan khas bali yang sangat terkenal? Disana makanan yang sangat enak dan familiar antarai beda nasi ayam kedewatan, sate lilit, bebek betutu dan masih tidak sedikit yang lainnya.

2. Biji Ketapang

Untuk memenuhi waktu luang, orang Jakarta memiliki cemilan khas yaitu kue biji ketapang. Saat menjelang lebaran, biasanya tidak sedikit orang yang menciptakan biji ketapang guna dimakan sendiri ataupun dijual. Camilan ini sangat sesuai disuguhkan saat ada tamu dadakan. Di samping Jakarta, biji ketapang juga dapat ditemukan di daerah-daerah beda dengan pemakaian bahan yang beragam. Khusus di Jakarta, biji ketapang seringkali dibuat dari tepung terigu yang dibaur dengan kelapa muda.

Saat digigit, biji ketapang seringkali akan renyah, tergantung seberapa mahir pembuatnya. Kalau anda penasaran untuk mengupayakan biji ketapang yang gurih dan manis, barangkali akan kendala untuk menemukannya bilamana tidak berada dalam momen puasa atau menjelang lebaran. Kalau anda sangat hendak mencobanya, maka tak terdapat salahnya guna belajar menciptakan sendiri. Kue ini mudah diciptakan dan tidak membutuhkan bahan-bahan yang susah dicari.

3. Geplak Betawi

Dari tekstur dan tampilannya, makanan khas Betawi yang satu ini serupa seperti tape yaitu lembut dan tampak laksana dibaluri bedak. Tapi guna rasanya, geplak betawi memiliki cita rasa manis, sementara tape rasanya asam. Kue khas Betawi ini kini sudah langka. Kehadiran kue geplak betawi seringkali ada di ketika pesta pernikahan di mana kue ini bakal dijadikan kue pendahuluan pengantin pada pesta pernikahan adat betawi.

Kamu barangkali penasaran, mengapa kue ini disebut geplak. Dari penuturan sebagian penduduk yang pernah membuatnya, kue ini diciptakan dengan teknik diaduk gunakan tangan dan separuh dipukul. Karena dipukul maka lahirlah nama geplak betawi. Kue ini dapat tahan sampai satu minggu. Kalau inginkan lebih awet, kue ini dapat disimpan di dalam lemari pendingin. Kalau anda mau membelinya, kue ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp50.000 hingga Rp100.000.

4. Dodol Betawi

Dodol memang bukan makanan pribumi Betawi, tetapi di Jakarta, familiar dengan di antara dodolnya yang mempunyai nama dodol betawi. Dari segi tampilan, barangkali dodol betawi tampak tidak cukup menarik. Warnanya yang hitam kecokelatan tidak cukup mengundang selera, namun tidak dengan rasanya yang bervariasi yaitu ketan putih, ketan hitam, dan durian. Dodol betawi bukanlah makanan yang dapat didapatkan masing-masing hari. Kehadirannya melulu pada ketika Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, atau pada pesta-pesta khas Betawi.

Dodol betawi menjadi makanan khas Betawi yang paling dikejar oleh mereka yang tak bermukim di Jakarta, seringkali para pekerja yang ditugaskan ke luar kota dan kebetulan kota tujuannya tersebut ialah Jakarta. Dodol betawi dijual dengan harga yang beragam, namun ingin tinggi. Hal tersebut diakibatkan oleh proses penciptaan dodol yang tak mudah, tak sebentar, dan memerukan tenaga tambahan untuk mengaduknya. Karena urusan itu pula dodol betawi tak dapat dibuat oleh sembarangan orang.

5. Asinan Betawi

Di Indonesia, familiar dua jenis asinan yaitu asinan Bogor dan asinan Betawi. Asinan bogor umumnya memakai buah-buahan tropis dan jarang yang memakai sayur. Sementara asinan betawi lebih tidak jarang ditemukan berisikan sayur-sayuran laksana sawi, kembang kol, tauge, selada, kacang tanah goreng, dan tahu putih. Kuah dari asinan betawi berupa bumbu kacang yang segar karena dibaur dengan cuka dan cabai.

Asinan betawi tergolong kuliner khas Betawi yang digemari oleh semua pecinta kuliner Jakarta. Di samping enak dan menyegarkan, asinan betawi pun tergolong makanan yang menyehatkan karena tidak sedikit berisi sayur-sayuran. Sebagai pelengkap makan, asinan betawi seringkali ditambahkan dengan kerupuk mie kuning. Di Jakarta, tidak sedikit penjual asinan di pinggir jalan. Bagi harganya, asinan betawi biasa dibandrol dengan harga jual mulai dari Rp.10.000 sampai Rp20.000.

Nah itu dia makanan ringan khas betawi yang harus kamu coba.
Baca Juga : https://jualkopikhasmantan.blogspot.com/

0 komentar "Dijamin Bikin Ngiler, 5+ Makanan Ringan Khas Betawi Yang Harus Kamu Coba !", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar