Dijamin Bikin Ngiler, 5+ Makanan Khas Sumatra

Ditulis oleh: -
Indonesia memang familiar dengan budayanya yang beragam, mulai dari adat istiadat, bahasa, sampai kuliner. Hampir semua kuliner khas Indonesia memiliki keanehan tersendiri dan rasanya pun lezat. Salah satunya ialah makanan khas Sumatra Barat, kuliner yang berkembang di Provinsi Sumatra Barat ini terdapat sekian banyak  macam jenis.

Ciri khas dari Kuliner Sumatra Barat ini ialah terletak pada rasanya. Biasanya Kuliner Sumatra Barat didominasi dengan cita rasa pedas dan bersatu padu dengan gurihnya santan.

Sebagian besar orang Sumatra sendiri menyinggung kuliner khas Sumatra Barat ini dengan sebutan Kuliner Minangkabau. Cita rasa yang powerful dari Kuliner Minangkabau ini ada pada bumbu dan bahan dasarnya. Karena seringkali bumbu Kuliner Minangkabau ini memakai rempah-rempah yang tidak sedikit.

Bagi kalian yang hendak jelajahi lokasi wisata Sumatera Barat, tak menyeluruh rasanya andai kalian traveling namun tidak mencoba pelbagai makanan khas Minangkabau ini.

Wajib untuk kalian hukumnya menyantap makanan khas Sumatra Barat sebelum kembali ke kota asal. Jangan inginkan kalah dengan orang-orang asing yang menyukai kuliner ini. Pasalnya, di antara Kuliner Minangkabau memang telah melejit namanya di penjuru dunia.

Apalagi bila bukan Rendang? Rendang ialah makanan yang paling identik dengan Sumatra Barat, kenikmatannya telah tak butuh diragukan lagi. Oleh karena tersebut jangan heran ya, andai kalian mengejar kuliner Sumatra Barat ini tersebar sampai ke luar negeri.

Sebetulnya makanan khas Sumatra Barat tak melulu rendang saja, terdapat lebih dari satu kuliner yang mesti kalian coba. Jadi, andai kalian berencana travelling ke Sumatra Barat tidak boleh sampai melewatkan menyantap kulinernya ya.

1. Rendang.

Rendang, makanan khas Sumatra barat yang rasanya telah mendunia. Bahkan tak segan-segan tidak sedikit orang asing yang suka dengan makanan yang satu ini. Dibalik ketenaran rendang tahukah kalian apa yang menciptakan rendang begitu lezat?

Rendang ialah masakan yang berbahan dasar daging. Biasanya memakai bahan daging sapi segar lantas dimasak dengan gabungan dari sekian banyak  macam rempah serta bumbu khas Minang. Rendang menggunakan gabungan santan kelapa, dan dimasak berjam-jam lamanya sampai berubah warna menjadi cokelat pekat dan kering. Bukan berarti rendang dimasak hingga gosong ya.

Tujuannya dimasak sampai berjam-jam lamanya merupakan, supaya rendang ini tahan lama hingga berminggu-minggu. Bagi rasa tidak boleh diragukan lagi! Rendang memang familiar lezat, membayangkannya saja barangkali kalian bakal merasa lapar. Rendang paling sesuai dimakan dengan nasi yang hangat dan sambal hijau.

2. Nasi Kapau

Nasi kapau, ialah nasi rames yang berasal dari Nagari Kapau, Sumatra Barat. Biasanya nasi kapau ini terdiri dari nasi, sambal, lauk pauk khas Kapau laksana gulai sayur nangka, gulai tunjang, gulai babat, gulai cincang dan dilengkapi dengan lalap daun singkong yang telah direbus.

Sekilas nasi kapau memang serupa dengan nasi padang, dari lauk pauk dan pelengkap lainnya memang tampak sama. Tetapi tahukah kalian? Ternyata nasi kapau dan nasi padang berbeda. Walaupun perbedaannya melulu sebagian orang saja yang tahu, terutama orang Sumatra Barat aslinya saja.

Salah satu perbedaannya terletak pada bumbu ternyata. Bagi penjaja nasi kapau seringkali mereka memakai kelapa sebagai bahan gabungan gulai lebih tidak sedikit dari gulai yang terdapat di nasi padang. Kemudian sayuran yang biasa kalian santap di dalam nasi padang memang sengaja dipotong-potong kecil.

Sedangkan sayuran yang ada didalam gulai sebagai pelengkap nasi kapau disajikan dengan potongan besar. Seperti halnya kol, disajikan dalam format satu lembar, dan kacang panjang hanya dicukur menjadi tiga bagian.
Perbedaan selanjutnya ialah penyajian nasi kapau. Jika kalian masuk kedalam kedai nasi kapau, kalian akan menyaksikan kuali-kuali besar berderet diatas meja. Tata letaknya serupa seperti di warteg, tetapi yang berbeda ialah makanannya.


Kalian melulu tinggal memilih hendak makan dengan lauk apa saja, dan lantas pelayan dari kedai nasi kapau bakal menyendokan lauknya ke piring kalian memakai sendok sayur yang panjang. Sekilas memang nampak sama, tetapi andai kalian simaklah seksama ternyata berbeda.

Nah, untuk kalian yang hendak pergi ke Sumatra Barat tidak boleh sampai melewatkan kuliner nasi kapau ya. Kalau kalian penasaran kalian dapat langsung mencobanya saat sampai di Sumatra Barat. Selamat mencoba!

3. Sate Padang

sate padang enak dan murah
Jangan pernah memandang sebelah mata makanan khas Sumatra Barat. Pasalnya, Sumatra Barat ialah salah satu tujuan surganya kuliner pedas nan lezat, salah satunya sate padang. Sate padang bertolak belakang dengan sate berbumbu kacang pada lazimnya yang tidak jarang kita temui di jalan-jalan. Apa yang membuatnya berbeda?

Bahan dasar yang dipakai dalam sate padang bukanlah daging ayam atau kambing, tetapi daging sapi atau daging kerbau yang mempunyai tekstur agak keras. Tak jarang pula bahan dasar yang dipakai dalam sate padang ialah lidah sapi, paru ataupun usus.

Yang menciptakan sate padang lezat, terletak pada bumbunya yang paling khas. Bumbu sate padang tercipta dari rebusan tepung beras, dan dibumbui pelbagai rempah-rempah laksana cabai, serai, jinten, jahe, ketumbar, kunyit lada dan lainnya. Tak heran kenapa bumbu sate padang kental sekilas laksana bubur.

Nah, buat anda yang penasaran hendak mencoba lezatnya sate padang, kalian dapat menemukannya di warung-warung kaki lima. Tetapi belum puas rasanya bila melulu mencobanya di warung pinggir jalan. Cobalah travelling ke Sumatra Barat dan cicipi sate padang langsung di lokasi asalnya.

4. Kerupuk Jangek

Kerupuk jangek? Namanya memang masih asing di telinga andai kalian bukan pribumi orang Padang. Tetapi andai kalian menyaksikan bentuknya, barangkali sudah tidak asing lagi. Kerupuk jangek ialah kerupuk kulit yang berbentuk kubus kecil dan mempunyai rongga yang besar di dalamnya.

Kerupuk jangek tercipta dari kulit sapi ataupun kerbau. Umumnya pembuat kerupuk jangek membuatnya dari kulit kerbau. Kerupuk ini memang telah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Pasalnya, andai kalian sedang berpergian, kalian akan tidak jarang menjumpai saudagar kerupuk jangek di pinggir jalan.

Di wilayah Sumatra Barat, kerupuk jangek menjadi makanan kesayangan pelengkap dari gulai. Nah, andai kalian pergi ke Sumatra Barat, kalian dapat membeli kerupuk jangek sebagai oleh-oleh guna keluarga maupun kerabat kerja kalian. Rasanya yang renyah dan gurih sesuai menjadi camilan ataupun pelengkap makanan berat.

5. Pangek

Pangek adalahmasakan pribumi Sumatra Barat, pangek sendiri ada sekian banyak  macam jenis. Ada pangek padeh, pangek masin, dan pangek cubadak. Pangek seringkali berbahan dasar ikan, cumi, ikan tongkol, ikan kembung, dan pun daging sapi. Kemudian dimasak dengan kuah laksana gulai. Namun perbedaan pangek dengan gulai ialah pangek tidak memakai santan.

Biasanya kuah pangek terdiri dari air yang direbus dengan bumbu-bumbu khas Sumatra Barat dan dibaur dengan cabai. Pangek yang menggunakan gabungan cabai dinamakan dengan pangek padeh, kuahnya berwarna merah pekat. Makanan ini dapat menjadi pilihan bagi kalian yang hendak mencoba kuliner khas Sumatra Barat tetapi mempunyai kolestrol yang tinggi.

Di samping pangek padeh ada pun pangek masin. Berbeda dengan pangek padeh, pangek masin mempunyai kuah berwarna kuning dan tidak sedikit menggunakan kunyit. Agar tetap menyerahkan citarasa pedas, kuah pangek masin diserahkan cabai rawit hijau.

Terakhir ialah pangek cubadak. Pangek cubadak ialah masakan khas Sumtara Barat yang bahan utamanya memakai nangka muda. Nangka muda dimasak dengan bumbu gulai sampai kering. Waktu yang dipakai untuk menciptakan pangek cubadak lumayan lama. Karena kalian mesti mengaduk pangek cubadak sampai kental dan kering.

Jika kalian pergi ke wilayah Sumatra Barat, mesti hukumnya untuk mengupayakan kuliner yang satu ini. Walaupun kalian sering mengejar menu ini di rumah santap padang, tapi andai kalian mencobanya langsung di wilayah Sumatra Barat bakal terasa bedanya. Jika kalian bingung menggali tiket murah ke Sumatra Barat, kalian dapat cek disini.

Baca Juga : https://jualkopikhasmantan.blogspot.com/

0 komentar " Dijamin Bikin Ngiler, 5+ Makanan Khas Sumatra", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar