Perlu Dibaca Jika Belum Tahu ! 8+ Sayuran dan Buah - Buahan Yang Berserat Tinggi !

Ditulis oleh: -
Makanan berserat adalah makanan yang tidak dapat dicerna ataupun diserap oleh tubuh sepenuhnya. Karena sifatnya ini maka makanan berserat akan tidak banyak sekali menghasilkan energi atau kalori untuk tubuh namun tetap berfungsi dan diperlukan untuk tubuh anda terutama menolong melancarkan pencernaan. Bahkan andai seseorang tidak cukup mengonsumsinya atau bahkan tidak pernah, maka dapat terjangkit sekian banyak  jenis penyakit.

Mengenal Lebih Lanjut Makanan Berserat
Berbicara mengenai serat makanan, maka saya dan anda butuh mengenal jenis-jenisnya; Serat terdiri atas 2 jenis yakni serat yang bisa larut (soluble fiber) dan serat yang tidak bisa larut (insoluble fiber).

Setelah dikomsumsi, serat bakal terbawa di dalam usus halus mengarah ke usus besar guna selanjutnya dibuang. Keberadaan makanan kaya serat di dalam usus besar dapat menolong proses metabolisme di sana sampai melancarkan buang air besar.

Serat larut (soluble fiber) adalahserat yang masih dapat dicerna di dalam tubuh, serat ini bakal mengikat lemak yang berasal dari makanan untuk lantas dibuang.

Sedangkan serat tidak larut (insoluble fiber) adalahserat yang tetap utuh sampai sampai saat dikeluarkan dari dalam tubuh, serat ini dapat menciptakan perut merasa kenyang dalam masa-masa yang lebih lama sampai-sampai bermanfat guna diet.

Berdasarkan keterangan dari data Puslitbang Gizi Depkes RI rata-rata konsumsi serat warga Indonesia ialah sekitar 10,5 gram, sedangkan anjuran konsumsi serat guna dewasa per hari ialah 25 - 35 gram sungguh miris, sebenarnya indonesia kaya bakal sayuran dan buah-buahan.

Agar keperluan serat itu dapat tercukupi, usahakan anda menambahkan jenis makanan tinggi serat ke dalam menu makanan sehari - hari anda dan kandungan serat yang tinggi dapat didapatkan dari sayur - sayuran, buah - buahan, kacang - kacangan, dan biji - bijian.

Makanan Kaya Serat dari Sayuran
Sayuran hijau adalahmakanan yang mesti dikonsumsi. Di samping berisi tidak sedikit vitamin dan mineral yang berguna untuk tubuh, sayuran pun adalahmakanan berserat tinggi yang tidak jarang kita jumpai.

1. Wortel : di samping berisi vitamin A, wortel pun mempunyai kadar serat yang paling tinggi dibanding sayuran lainnya selama 4 gram per 100 gram wortel.
2. Kentang : di samping berisi karbohidrat yang tinggi, kentang pun mempunyai kadar serat yang lumayan tinggi selama 3 gram serat per 100 gram kentang.
3. Bayam : sayuran ini mempunyai kadar serat yang paling tinggi, yaitu sejumlah 2.8 gram per 100 gram bayam yang dikonsumsi masing-masing harinya.
4. Kangkung : sayuran ini mempunyai kandungan kalsium dan vitamin yang tinggi dan pun adalah makanan kaya serat yaitu sejumlah 2.0 gram per 100 gram kankung.
5. Seledri : selain berfungsi dalam memperlambat proses penuaan pada tubuh, seledri pun mempunyai kadar serat sejumlah 1.5 gram per 100 gr seledri.
6. Buncis : sayuran ini pun mempunyai kandungan serat yang tinggi. Setiap 100 gr buncis berisi 1.2 gram serat yang paling baik untuk kesehatan tubuh.
7. Brokoli : sayuran ini mempunyai kadar serat yang lumayan sekitar 0.9 gram per 100 gram dan adalah salah satu makanan rendah kolesterol yang paling sehat. Baca juga: Manfaat brokoli untuk kesehatan
8. Daun Selada : sayuran ini ternyata mempunyai serat yang lumayan yaitu selama 0.6 gram serat ketika kamu mengkonsumsi 100 gram daun selada ini.
9. Timun Jepang : sayuran ini biasa dinamakan suki adalahjenis timun hijau pekat dan mempunyai kadar serat yang cukup, dengan 0.5 gram serat masing-masing 100 gram timun jepang.
10. Pare : sayuran pahit ini ternyata mempunyai kandungan vitamin C, asam amino, kalsium dan serat dengan kadar 0.8 gram per 100 gram pare.

Makanan Tinggi serat dari Buah-Buahan
Buah tidak melulu adalahsumber vitamin tinggi, namun pun adalahsumber serat alami, bahkan bisa mempunyai kandungan serat yang lebih tinggi dari sejumlah jenis sayuran.

1. Alpukat – Banyak yang menyenangi buah ini sebab rasanya. Buah ini berisi kalsium serta serat yang tinggi. Satu buah alpukat utuh, berisi 10 gram serat yang sangat menolong mencukupi keperluan serat sehari – hari.
2. Jambu Biji Merah – Buah ini mempunyai kadar kalori yang rendah tetapi kaya bakal vitamin C serta kandungan serat yang tinggi yakni 7.3 gram serat per 100 gram daging buahnya.
3. Buah Berry  laksana strawberry, blueberry dan anggur pun mempunyai kandungan serat yang paling tinggi. Satu cawan buah berry ini bisa berisi 5,5 gram serat
4. Apel – Selain tidak sedikit kandungan nutrisi yang dimilikinya, apel ternyata mempunyai kandungan serat yang tinggi, yakni sekitar 4.4 gram per 1 buah apelnya.
5. Pir – Pir mempunyai tekstur dan rasa yang serupa dengan apel, dengan kadar air yang lebih tinggi. Buah ini berisi serat sejumlah 3,1 gram per 100 gram buahnya.
6. Mangga – Buah mangga adalahbuah yang berisi serat yang cukup, dimana 100 gram buah manga mempunyai kandungan serat sebesar 1.6 gram.
7. Pepaya – Buah yang mempunyai daging buah berwarna oranye atau kuning ini pun sangat baik dalam memperlancar pencernaan, sebab mempunyai kandungan serat sejumlah 1.3 gram per 100 gram daging buahnya.
8. Nanas – Di samping berisi vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, nanas pun mempunyai serat sejumlah 1 gram per 100 gr daging buahnya.

Nah ini dia daftar makanan sayuran dan buah buahan yang berserat tinggi.
Baca Juga : https://jualkopikhasmantan.blogspot.com/

0 komentar "Perlu Dibaca Jika Belum Tahu ! 8+ Sayuran dan Buah - Buahan Yang Berserat Tinggi !", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar